Lupa Password Email Gmail? Ini Solusinya

Lupa Password Email Gmail? Ini Solusinya. Sudah lama ga buka akun email gmail kamu sampai lupa password akun tersebut ? mimin juga pernah lupa password akun, entah itu lupa password facebook, twitter, email, akun belanja online seperti akun lazada, traveloka, kadang malah akun e-banking. Mungkin karena terlalu banyak password yang harus diingat, lalu password setiap akun juga berbeda-beda jadinya sampe lupa deh atau malah ketuker dengan akun yang lain.

Buat kamu para pengguna android sudah pasti kamu harus punya akun gmail karena selain digunakan untuk email, akun gmail tersebut juga digunakan untuk log in di Play store, youtube, google drive serta berbagai fitur yang ada di hp android tersebut. Jika kamu menjadi salah satu orang yang kehilangan atau lupa password akun Google (gmail) dan ingin mengembalikannya, kali ini mimin akan memberikan panduan untuk mengetahui password akun Google yang lupa atau dihack.

Lupa Password Email Gmail? Ini Mengembalikannya

lupa password email gmail

  • Selanjutnya masukkan password yang pernah kamu ingat sebelumnya

lupa password email gmail

  • Kapan kamu membuat akun Google tersebut?

lupa password email gmail

  • Selanjutnya masukkan password baru yang ingin kamu gunakan (minimal 8 karakter)

lupa password email gmail

  • Selamat akun Google (gmail) kamu sudah berhasil di reset dengan password yang baru

lupa password email gmail

 

Tip Mengamankan Akun Gmail
1. Gunakan password yang kuat dan sulit ditebak

Jangan pernah menggunakan nama dan tanggal lahir kamu sebagai password karena sangat mudah ditebak. Gunakan kombinasi huruf dan angka, kalau bisa dengan simbol juga (opsional). Pastikan password yang kamu buat sulit ditebak tetapi mudah diingat. Jangan sampai kamu membuat password yang sangat rumit tapi kamu sendiri tidak hafal dengan passwordnya.

2. Tambahkan nomor ponsel

Menambahkan nomor ponsel pada akun kamu sangat penting. Misalkan dikemudian hari kamu lupa password gmail kamu, kamu bisa meresetnya ulang melalui nomer ponsel kamu. Pastikan juga kamu memasukkan nomer ponsel yang aktif dan milik kamu sendiri, bukan milik orang lain.

3. Aktifkan verifikasi 2 langkah

Verifikasi 2 langkah merupakan fitur tambahan yang diberikan google guna melindungi akun penggunanya. Cara kerja fitur ini hampir sama dengan token PIN untuk transaksi internet banking.

Biasanya ketika kamu login cukup memasukkan alamat email dan password, bukan? Nah jika kamu mengaktifkan fitur ini, ketika kamu memasukkan alamat email dan password kamu, google perlu melakukan verifikasi terlebih dahulu dengan mengirimkan kode melalui SMS (paling umum) atau melalui panggilan telepon.

4. Jangan beritahu siapapun password email kamu

Yang keempat adalah, jangan pernah memberitahu password gmail kamu kepada siapapun. Password itu sifatnya sensitif dan menurut saya pribadi, password termasuk dalam privasi penggunanya.

5. Jangan lupa logout

Kelalaian seperti ini yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Usai mereka login di akun gmail mereka, jarang sekali mereka logout. Kalau kamu melakukannya di laptop atau PC kamu sendiri masih mending (meskipun tetap beresiko), lah kalau kamu melakukan hal ini di warnet atau laptop teman kamu, bisa runyam urusannya.

Jadi setelah kamu selesai menggunakan akun gmail kamu, segera logout (meskipun di laptop atau PC kamu sendiri) guna meminimalisir hal yang tidak diinginkan.

6. Jangan simpan password kamu di browser

Ketika kamu login, entah itu login gmail, facebook, twitter dan situs sejenisnya, kamu pasti sering mendapat notifikasi dari browser yang menanyakan, apakah kamu ingin menyimpan password kamu atau tidak. Dan bahayanya, siapapun (bahkan untuk orang awam pun) bisa melihat password kamu yang tersimpan di browser. Perhatikan gambar di bawah ini :

lupa password email gmail

Itu tadi cara mengatasi lupa password email gmail, dan sedikit tips keamanan untuk menjaga email kamu dari kejahatan. Semoga artikel ini bermanfaat

 

 

 

 

 

Bagikan artikel ini :