Cara Mengunci Folder di Laptop Tanpa Aplikasi

cara mengunci folder di laptop tanpa aplikasi. Buat kamu yang menyimpan data-data penting kamu seperti foto, dokumen, musik, dan game di komputer, tentu kamu tidak mau dong kalau tiba-tiba data tersebut rusak, hilang, ataupun dihapus oleh orang lain. Terutama jika kamu menggunakan komputer milik bersama di mana kamu perlu mengamankan data penting kamu sehingga tidak bisa diakses oleh user lain. Setiap pengguna komputer windows pasti mempunyai file privacy yang tidak semua orang dibolehkan untuk melihat file tersebut, Tapi bagi sebagian dari mereka ada yang kesulitan dalam menyimpan file tersebut agar tidak bisa sembarangan dibuka oleh orang lain. Metode paling umum yang digunakan oleh user windows biasanya menyembunyikan file tersebut dengan menyetting propertise dari folder nya yaitu menghidden filenya saja, Namun hal tersebut masih sangat gampang untuk di buka oleh orang lain, Maka dari itu admin merekomendasikan Agar folder yang ada di windows anda diberi password agar nanti ketika ada orang yang ingin melihat atau bahkan mengambil file pribadi anda mereka harus memasukan password terlebih dahulu. Ada banyak software yang berguna untuk mengunci file atau folder. Tapi kalau anda ingin mengunci folder tanpa software silahkan ikuti langkah dibawah ini. cara mengunci folder di laptop tanpa aplikasi ini bisa Anda terapkan pada windows versi 10, 8.1 , 8 dan windows 7.

  • Pertama-tama buka Notepad pada komputer kamu. Atau yang paling simpelnya silahkan buka notepad kamu, dengan cara klik WIN + R lalu ketikan notepad>> Enter.
  • Selanjutnya copy script di bawah ini, lalu paste pada Notepad tadi. Pada script di bawah, bagian yang diberi tanda adalah password-nya nanti, jadi silakan ubah tulisan motongjalan.com sesuai password keinginan kamu.
@ECHO OFF
title Hayoo Mau Ngapain? Emang Tahu Passwordnya?
if EXIST “HTG Locker” goto UNLOCK
if NOT EXIST Private goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Apa Anda Ingin Mengunci Folder Privatenya? Tekan (Y/N)
set/p “cho=>”
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Private “HTG Locker”
attrib +h +s “HTG Locker”
echo Folder locked
goto End
:UNLOCK
echo Masukan Passwordnya Dulu Bro!
set/p “pass=>”
if NOT %pass%== MOTONGJALAN.COM goto FAIL
attrib -h -s “HTG Locker”
ren “HTG Locker” Private
echo Folder Unlocked successfully
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Private
echo Private created successfully
goto End
:End
Cara Untuk Mengunci dan Menyembunyikan File :
  •  Jika sudah, klik File dan pilih Save As. Kemudian kamu akan disuruh menentukan lokasi penyimpanannya (simpan di lokasi yang mudah ditermukan). Ingat! Format file yang disimpan harus berakhiran .bat. Jadi misalnya nanti kamu simpan filenya dengan nama Locker.bat dan pastikan pada Save as type kamu pilih yang All files. Jika sudah klik Save.

 

Cara Mengunci Folder di Laptop Tanpa Aplikasi

  • Jika sudah Save, pergi ke lokasi penyimpanan file tersebut dan nanti di sana akan ada file Locker.bat. Jalankan Locker.bat tadi dan otomatis akan dibuat folder baru bernama Locker.
  • Di sana silakan copy file yang ingin kamu kunci atau sembunyikan tersebut dan paste ke dalam folder bernama Locker yang baru saja dibuat tadi.
  • Jika sudah, copy dan paste semua filenya, selanjutnya kamu double click lagi pada Locker.bat tadi dan nanti akan muncul jendela Command Prompt. Ketik Y lalu tekan Enter maka folder Locker tadi akan segera hilang. Sekarang data-data kamu di dalam folder Locker sudah aman dan tidak bisa diakses oleh orang lain.

Untuk Menampilkan Kembali File yang Dikunci Atau Disembunyikan:

  • Double click lagi pada Locker.bat tadi.
  • Nanti akan muncul jendela Command Prompt lagi dan kamu disuruh untuk memasukkan password-nya, silakan masukan password yang sudah kamu buat pada script di Notepad tadi, lalu tekan Enter.
  • Jika password yang dimasukkan benar, maka folder Locker tadi, akan segera muncul dan didalamnya sudah ada file-file penting kamu tadi.

Untuk menampilkan dan menyembunyikan file-file tadi, kuncinya ada pada file Locker.bat tersebut jadi pastikan kamu menyimpan file Locker.bat tadi dengan baik dan mudah untuk kamu akses. Jika file Locker.bat tersebut hilang atau terhapus, kamu bisa menggantinya dengan cara membuat yang baru lewat script di atas tadi. Itu tadi cara mengunci folder di laptop tanpa aplikasi semoga artikel ini bermanfaat.

Bagikan artikel ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published.